Perluas Area Kerja di Kapuas Hulu, GIZ Bersama Dinas Pertanian dan Pangan Bahas Integrasi Program Kerja

Kapuas Hulu – GIZ GRASS pada Rabu (27/7) melakukan pertemuan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu. Dihadiri oleh kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Drs. H. Abdurrassyid, M.M, didampingi sejumlah staffnya, pertemuan semi-formal ini berlangsung dengan hangat  membahas rencana kerja atas keberlanjutan proyek GRASS di Kapuas Hulu. Dalam kesempatan tersebut, Per Rasmussen, Principal Adviser proyek GRASS rencana dan target yang ingin dicapai melalui GRASS dan menjelaskan terkait pembeda dari proyek GRASS dan SASCI yang sebelumnya telah dilaksanakan sejak 2019 hinggal 2022 lalu.

Sejumlah masukan diperoleh dari staff Dinas yang hadir sebagai respon terhadap rencana kerja proyek GRASS, salah satunya terkait program penyuluhan untuk komoditas perkebunan yang saat ini masih menjadi tantangan dimana jumlah penyuluh untuk komoditas ini sangat terbatas untuk cakupan wilayah yang sangat luas di Kapuas Hulu. Program pengembangan penyuluh pertanian ini menjadi salah satu poin penting dan berpotensi dapat diintegrasikan bersama oleh Dinas dan proyek GRASS. Pada prinsipnya, program kerja GRASS diupayakan dapat bersinergi dengan rencana kerja Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu. Untuk itu, para penasihat teknis (technical advisor) GRASS yang juga hadir dalam pertemuan ini akan mengidentifikasi kegiatan yang bisa dikerjakan bersama oleh kedua belah pihak.

Dalam penutupan diskusi, Bapak Abdurassyid menyampaikan bahwa pihaknya dengan senang hati akan mendukung implementasi proyek GRASS di Kapuas Hulu, sama halnya dengan dukungan yang diberikan pada proyek SASCI sebelumnya. Kedepannya, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) direncanakan akan dilakukan segera, sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjalankan maupun mendukung kesuksesan implementasi proyek ini.

Ditulis oleh: Dorpaima Lumban Gaol, Technical Adviser, GIZ GRASS Project

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *